#KolaseBukanToko : Kami Menghargai Setiap Donasi

#KolaseBukanToko : Kami Menghargai Setiap Donasi

“Mau beli baju band A dong”

“Mau order t-shirt band B gimana ya?”

“Mau pesan kaos C di sini bisa?”

“Mau beli tiket untuk acara D dong Min”

Pertanyaan-pertanyaan macam itu sering banget Kolase temukan sebagai “kalimat pembuka chat” di Whats App Halo Kolase kami. Alih-alih sebagai platform crowdfunding, mimin Whats App Kolase sering banget disangka mimin-mimin on-line shop. Bahkan udah sampai pada tahap :

“Min, boleh ganti size nggak?”

“Min, paket saya sudah dikirim belum? Saya kemarin sudah pesan di website”

Baiklah. Terkadang browsing campaign yang ada di Kolase.com serasa sedang shopping di e-commerce atau marketplace.

Ada juga yang langsung membuka halaman kolase.com melalui link yang ada pada bio social media artis/ musisi yang campaign-nya bikin kamu tertarik. Lalu tidak menyadari kalo sebenarnya artis/ musisi tersebut sedang menggalang dana untuk sebuah tujuan.

Nah, melalui artikel ini, kami ingin menegaskan bahwa #KolaseBukanToko . Di Kolase.com kamu sedang ber-crowdfunding, bukan sedang shopping. Kamu tidak sedang memesan, melainkan sedang memberi dukungan. Dukungan untuk siapa? Ya, dukungan untuk artis/ musisi yang halaman social medianya bikin kamu sampai di landing page kolase.com

Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan, kenapa crowdfunding di Kolase.com itu berbeda dengan shopping di marketplace, e-commerce atau bahkan online shop?

1. Kamu bukan pembeli, kamu adalah booster

Booster? Makanan apaan tuh? Booster adalah sebutan untuk orang yang sudah mau ikutan menggalang dana di Kolase.com Hanya dengan melakukan klik tombol “BOOST” di salah satu item/ barang yang tersedia dan menyelesaikan transaksi hingga proses pembayaran selesai, maka kamu sudah sah kami sebut sebagai booster.

Di Kolase.com derajat booster jauh lebih dihargai ketimbang pembeli. Karena booster memberikan uangnya di Kolase.com untuk mendukung tujuan si artis/ musisi yang sedang menggalang dana.

2. Artis/ musisi ini bukan sedang berdagang, mereka butuh dana untuk digalang

Ketika artis/ musisi membuat halamannya sendiri di Kolase.com bukan berarti mereka sedang berdagang. Mereka sedang menggalang dana untuk satu tujuan. Setiap tujuan penggalangan dana bisa kamu baca di deskripsi singkat, tepat di bawah judul campaign ketika kamu baru akan masuk dengan klik tombol "JOIN" di halaman campaign si artis/ musisi di Kolase.com. Ya, seperti gambar di atas.

Lalu kenapa di bawah tulisan “BOOST & SPONSOR” ada berbagai barang / item dengan label nilai Rupiah? Nah, jawabannya bisa kamu cek di no.3

3. Barang yang disediakan bukan semata untuk dijual

   

Ini nih yang sering banget salah kaprah. Apalagi kalo barang/ item yang disediakan adalah merchandise berupa kaos atau access pass untuk masuk konser. Barang/ item yang tersedia tepat di bawah tulisan “BOOST & SPONSOR” diberikan secara cuma-cuma untukmu sebagai tanda terima kasih dari artis/ musisi yang sudah kamu dukung.

Karena sifatnya adalah tanda terima kasih, maka agar barang/ item itu sampai ke tanganmu butuh jeda waktu. Yang jelas, butuh waktu hingga campaign selesai terlebih dahulu baru barang/ item ini bisa dikirim. Bahkan, untuk beberapa item yang sifatnya merchandise seringkali membutuhkan waktu produksi barangnya dulu. Yahh... mirip-mirip pre-order lah.

Sesuai sistem kami, setiap artis/ musisi biasanya mencantumkan tanggal estimasi pengiriman di tiap item tadi. Coba saja cari tulisan dengan font biru di tiap item.

...

Nah, itu tadi penjelasan Kolase.com soal #KolaseBukanToko . Semoga setelah membaca ini, kamu bisa lebih fokus ke tujuan penggalangan dana si artis/ musisi ya daripada item/ barang yang disediakan.

Tidak seperti platform crowdfunding lain yang hanya meminta kamu untuk berdonasi, Kolase.com juga memberikan tanda kasih ke setiap donasi yang kamu beri dengan #SeniBerbagi. Because giving is not just about making donation.