Cara Mudah Mendatangkan Pengunjung Ke Halaman Campaign

Cara Mudah Mendatangkan Pengunjung Ke Halaman Campaign

Ibarat rumah, halaman campaign adalah teras rumah nya. Tapi jika gerbang rumah tidak dibuka atau tidak ada pengunjung yang diundang untuk melihat halaman dan teras rumah kita, bagaimana mereka bisa tertarik untuk masuk ke dalam rumah. 

Saat kamu membuat campaign di Kolase.com, kamu wajib mengisi form yang nantinya akan ditampilkan di halaman campaign. Setelah halaman campaign-mu di approved oleh tim Kolase.com dan publish, saatnya kamu berkampanye. Undang booster sebanyak-banyaknya untuk berkunjung dan melihat campaign-mu.

Banyak cara untuk mendatangkan pengunjung ke halaman campiagn, mulai dari yang berbayar, hingga yang gratis. Mulai dari yang sederhana sampai dengan yang membutuhkan keahlian khusus. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa langsung kamu terapkan untuk mendatangkan pengunjung ke halaman campaign-mu.

 

Buat Proyek Campaign Yang Menarik

Terlepas dari siapa campaigner-nya, sebuah proyek campaign yang menarik tentu akan mendapat perhatian dari booster. Baik itu yang kebetulan sedang berkunjung ke website Kolase.com, sedang searching di mesin pencari google, atau yang tidak sengaja melihat materi promosi campaign-nya di social media

Contoh campaign yang menarik di Kolase.com salah satunya adalah campaign dari grup band Mocca. Dalam rangka mempringati ulang tahun mereka yang ke-19 tahun, Arina CS menggelar sebuah secret show, dimana para fans dan siapa saja yang ingin menyaksikan intimate showcase dari Mocca tersebut harus mendukung campaign nya di Kolase.com tanpa sebelumnya mengetahui akan seperti apa acaranya dan dimana lokasinya. Konsep yang unik tentu akan membuat booster penasaran dan ingin berkunjung ke halaman campaign.

 

Aktif di Social Media 

Social media merupakan media promosi yang paling efektif untuk mendatangkan pengunjung ke halaman campaign. Menurut We Are Social, salah satu social media agency ternama di dunia, Indonesia perupakan salah satu negara dengan pengguna social media terbesar di dunia. Oleh karena itu, social media menjadi media yang wajib kamu gunakan untuk mempromosikan campaign-mu.

 

 

Manfaatkan social media semaksimal mungkin untuk menarik perhatian booster. Mulai dari mengganti link bio di Instagram dengan link halaman campaign-mu, membuat konsep feed yang menarik untuk mencuri perhatian follower, hingga menyematkan link halaman campaign di setiap postingan facebook dan twitter. Posting setiap update progress campaign-mu di social media.

 

Gunakan Short URL

Saat membuat campaign, Kolase.com memberikan fasilitas URL Shortener untuk mempersingkat link URL halaman campaign-mu agar lebih mudah diingat, contoh www.kolase.com/nama-campaign-kamu. Untuk itu manfaatkan fasilitas tersebut, jangan membuat link terlalu panjang karena dapat menyulitkan booster untuk direct campaign-mu secara langsung. Apabila sudah terlanjur atau dirasa masih terlalu panjang, kamu bisa memanfaatkan beberapa layanan short URL gratis seperti bit.ly dan tiny.cc, atau membeli nama domain atau URL mu sendiri, lalu diarahkan (forward domain) ke halaman campaign-mu, misalnya jika kamu membeli domain www.namacampaignmu.com, kamu bisa arahkan domain tersebut ke www.kolase.com/nama-campaign-kamu. Sehingga campaign-mu tampak lebih eksklusif dan mudah diingat.

 

 

Manfaatkan Email Marketing

Jangan abaikan email marketing, seperti newsletter atau email blast. Banyak perusahaan besar saat ini masih menggunakan email marketing sebagai strategi promosinya dalam meningkatkan pengunjung ke halaman website mereka. Meski database email kamu sedikit, kamu tidak perlu ragu untuk mempromosikan campaign-mu lewat email. Siapa tahu semua database yang kamu punya tersebut terdiri dari orang-orang yang peduli atau tertarik dengan campaign-mu. 

 

Buat Press Release

Saat ini media online dan cetak khususnya dibidang kreatif semakin menjamur. Mulai dari media mainstream yang terverifikasi, media dari komunitas, Media indie, hingga media blog personal, semua membutuhkan konten yang informatif untuk dipublikasikan. Untuk itu, buatlah materi press release seputar proyek crowdfunding-mu yang berjalan di Kolase.com. Jika materi press release kamu sesuai dengan kriteria media tersebut, berita seputar campaign-mu pasti akan diterbitkan. Jangan lupa sisipkan juga link campaign, contact person, materi foto dan screenshoot dari halaman campaign-mu sebagai materi pendukungnya saat mengirim press release ke media.

Lalu bagaimana cara mendapatkan contact email redaksi dari media yang ingin kamu kirimkan press release? Gampang kok, kamu cukup masuk ke halaman website dari media yang ingin kamu krimi email, cari halaman contact/kontak di website tersebut.

 

Comment Section

Buat kamu yang sering comment di blog dan social media, sudah saatnya memanfaatkan fitur comment tersebut untuk mempromosikan campaign-mu. Silakan comment yang relevan dan jangan spamming di website atau social media yang tidak ada kaitannya dengan campaign-mu.

 

So, selamat bercampaign!

 

Business photo created by yanalya - www.freepik.com