Konsisten Berikan Reward, Kita Sampai di Rp 2 M

Konsisten Berikan Reward, Kita Sampai di Rp 2 M

Pekan lalu, tepatnya Jumat, 15 Mei 2020 platform crowdfunding (patungan online) khusus ide seni dan industri kreatif, Kolase.com berhasil melewati milestone pertamanya dengan sampai di angka Rp 2.000.000.000,- untuk seluruh total dana patungan yang dikumpulkan dan disampaikan lewat platform ini hingga kini.

Angka tersebut dicapai Kolase.com dalam kurun waktu 2 tahun, terhitung dari pertama kali Kolase.com lahir pada tahun 2018. Tak hanya pencapaian total dana patungan, pencapaian lain seperti suksesnya 155 campaign patungan online dan tembusnya angka 27,420 booster (sebutan untuk donatur pada platform ini) aktif di platform crowdfunding Kolase.com juga turut mewarnai pencapaian kami di tahun ini.

Berbeda dengan platform crowdfunding kebanyakan yang hanya menyediakan platform untuk berdonasi, Kolase.com justru percaya bahwa setiap partisipasi perlu dihargai. Latar belakang itulah yang membuat Kolase.com menjadi sebuah platfom crowdfunding berbasis reward, dimana setiap booster yang sudah berpartisipasi memberikan donasi, akan diganjar dengan berbagai reward sebagai tanda terima kasih dari Kolase.com dan para campaigner (sebutan untuk setiap penggagas patungan online di platform Kolase.com).

Berbagai reward sebagai tanda terima kasih ini bermacam-macam, dari tiket/ access pass masuk event, hingga merchandise seperti t-shirt edisi terbatas. Data yang dihimpun platform Kolase.com menunjukkan bahwa sepanjang tahun 2018 hingga 2020, ide kreatif yang paling banyak memperoleh dukungan dana adalah acara live music event.

Sementara ide penggalangan dana untuk tujuan kemanusiaan yang digagas berbagai komunitas kreatif menyusul di urutan kedua, terutama selama masa di mana Indonesia sedang melawan pandemi covid-19, ide penggalangan dana untuk tujuan kemanusiaan langsung banyak bermunculan. Kami mencatat ada 83,4 persen penggalangan dana untuk tujuan kemanusiaan dari seluruh campaign yang dikerjakan di Kolase.com sejak Maret 2020.

“Atas pencapaian ini kami mengucapkan terima kasih kepada para booster dan campaigner yang sudah mempercayakan Kolase.com sebagai platform crowdfunding yang mereka gunakan untuk mewujudkan berbagai tujuan kreatif dan berdampak secara kolektif. Meski secara nominal belum bombastis, tapi ini menjadi motivasi kami untuk semakin aktif menjembatani antara campaigner dan booster sehingga makin banyak ide-ide kreatif di Indonesia dapat terwujud. Tentunya, dengan tetap memberikan reward untuk tiap booster yang sudah berpartisipasi di tiap campaign. Karena kami percaya kreativitas membuat Indonesia lebih berwarna,” ungkap Wisnu Wicaksana, Business Development dari Kolase.com

Dalam perjalanan hingga mencapai angka Rp 2.000.000.000, Kolase.com mencatat beberapa campaign yang paling berkesan, terutama karena usaha campaigner dalam mempromosikan campaign mereka hingga akhirnya menyentuh angka 100% terdanai. Berikut beberapa catatan kami :

1. Pesta Bersama Barasuara, Elephant Kind, dan The Adams

 Ini awalnya adalah ide iseng yang mempertemukan tiga band independen Ibukota yang sama-sama merilis album pada Maret 2019. Tak butuh waktu lama, salah satu inisiator mereka, Bayu, drummer Elephant Kind langsung menghubungi perwakilan dari Barasuara dan The Adams untuk membuat crowdfunding gigs yang dilakukan dalam waktu cepat.

Hanya perlu waktu tidak sampai 3 hari untuk mewujudkan crwodfunding gigs “Pesta Bersama” ini. Digelar di Eastern Promise, Kemang, Jakarta Selatan pada 15 April 2019, penggalangan dana ini berhasil mengumpulkan seluruh dana yang diperlukan. Dengan reward berbentuk access pass, tiap booster yang sudah berpartisipasi ikut ber-“pesta bersama” malam itu di Eastern Promise. Campaign ini pun ditutup dengan menyanyikan lagu “Kemesraan” bersama oleh ketiga kolaborator dari atas panggung.

2.Bioskop Hujan The Rain

Salah satu ide terunik yang dikerjakan Kolase.com di tahun pertama kami berdiri : menggalang dana secara crowdfunding untuk konser di dalam bioskop. Belakangan, kita semua tahu, ide ini bernama “Bioskop Hujan : Konser 17 Tahun The Rain.”

 Berdurasi dua bulan lebih, crowdfunding campaign ini justru sudah mencapai angka 70% saat masa campaign masih kurang sebulan. Pencapaian ini lantas menarik brand ternama untuk ikut serta menyukseskan campaign ini. Alhasil, tanpa menunggu penggalangan dana lebih lama, konser ini pun dapat dinikmati oleh para booster yang sudah berpartisipasi.

3. Mocca’s Secret Show 19th Anniversary

Ketika Mocca melakukan submission campaign ini ke Kolase.com, terhitung hanya 10 hari tersisa untuk Arina cs bisa mengumpulkan dana sebelum Secret Show dimulai. Beruntung, kekompakan para Swinging Friends (fans Mocca) membantu Mocca mencapai angka 100% terdanai tak sampai 10 hari.

Alhasil, Secret Show yang juga bertepatan dengan ulang tahun ke-19 Mocca waktu itu sukses berstatus sold out dan mencapai dana hingga Rp 55.000.000,-. Yang tak terlupakan apalagi kalo bukan salah satu booster yang mendukung campaign ini dengan memilih reward naik ke atas panggung bersama Mocca. Kesempatan ini lantas dipakai oleh sang booster untuk melamar pujaan hatinya dari atas panggung.

4. U2Nite Road to Joshua Tree tour 2019

 

Campaign ini membuktikan bahwa kekuatan fan-base adalah modal penting tercapainya angka 100% terdanai. Dengan 60% fan-base-nya berisi orang-orang dari generasi x, atas nama cinta mereka kepada band U2, campaign pun sukses terdanai 100% tujuh hari sebelum campaign berakhir.

Digelar sebagai “ajang pemanasan” sebelum konser U2 di Singapore pada November 2019, U2 Nite oleh U2 Indonesia sukses mengumpulkan dana untuk sebuah pesta pemanasan di Hard Rock Cafe Jakarta pada 26 Agustus 2019 silam.

5. The Greatest Ever Elephant Kind

 

Campaign ini menjadi salah satu best practice Kolase.com. “The Greatest Ever Elephant Kind” adalah campaign kedua band Elephant Kind dengan tujuan perilisan album kedua mereka “The Greatest Ever” pada Maret 2019.

Di campaign pertama, Elephant Kind menjadikan CD album kedua ini sebagai reward. Sementara di campaign kedua yang hanya berselang 2 pekan, mereka melakukan crowdfunding lagi untuk merilis album kedua dengan memberikan reward berupa merchandise eksklusif The Greatest Ever dan sukses mengumpulkan dana yang diperlukan untuk mendukung dirilisnya album tersebut.

 Reward yang unik dan customized untuk setiap booster juga jadi salah satu kunci sukses campaign ini. Hal ini bisa menjadi refrensi yang ditiru oleh campaigner lain di masa yang akan datang.