Tips Membuat Crowdfunding Campaign Project Yang Baik

Tips Membuat Crowdfunding Campaign Project Yang Baik

Membuat project campaign crowdfunding di Kolase.com memang mudah. Tapi agar campaign tersebut dapat meyakinkan dan mengundang perhatian banyak orang yang ingin mendukung, ada beberapa hal penting yang patut diperhatikan. Berikut ini beberapa tips untuk membuat Crowdfunding Campaign Project yang baik di Kolase.com.

1. Buat polling untuk tes pasar

Sebelum merilis project campaign di Kolase.com, ada baiknya kamu cek seberapa besar minat Booster terhadap project campaign yang ingin kamu buat, dengan cara membuat polling di Kolase.com. Selain itu buat kamu yang bingung menentukan reward apa yang paling diharapkan oleh Booster, kamu juga bisa menggunakan fasilitas polling yang disediakan oleh Kolase.com ini.

2. Buat deskripsi yang singkat dan jelas

Saat mulai membuat project campaign crowdfunding di Kolase.com kamu diharuskan membuat deskripsi singkat dan detail campaign. Dalam mengisi bagian ini, sebaiknya jangan terlalu bertele-tele, tapi fokus kepada tujuan membuat campaign, ajakan mendukung campaign dan sebutkan juga alasan mengapa orang-orang harus mendukung campaign kamu. Jika kamu bukan penulis yang baik, sebaiknya ajak teman, saudara atau siapa saja untuk membantu kamu menuliskan deskripsi campaign yang singkat, padat dan jelas.

3. Cantumkan alamat media sosial atau website

Masih dalam bagian deskripsi campaign, ada baiknya kamu juga mencantumkan alamat media sosial atau website di dalam deskripsi campaign agar para Booster (pendukung campaign) tau siapa kamu, serta lebih yakin dan percaya untuk mendukung campaign.

4. Gunakan foto dan video yang menarik

Pesan yang disampaikan lewat video pada dasarnya lebih mudah dimengerti. Kamu juga bisa menjelaskan detail campaign lebih lengkap kepada Booster lewat video. Tapi untuk membuat sebuah video campaign dibutuhkan orang-orang yang ahli dan dana produksi yang tidak sedikit, kecuali kamu memiliki kemampuan editing dan videography atau ada orang-orang disekitar kamu yang bisa membantu.

Jika tidak memungkinkan untuk membuat video campaign, kamu bisa menggunakan foto atau gambar yang menarik dan dapat menggambarkan atau menjelaskan campaign apa yang sedang kamu buat.

5. Siapkan reward yang menarik

Kolase.com adalah platform crowdfunding berbasis reward atau gift. Jadi kamu wajib memberikan sesuatu sebagai hadiah atau penghargaan kepada seluruh Booster yang sudah mendukung campaign mu. Reward atau gift merupakan salah satu bagian penting dalam membuat project campaign crowdfunding yang baik, soalnya nggak sedikit Booster yang ingin mendukung sebuah campaign karena reward mereka yang menarik. Hingga saat ini, reward yang paling banyak diberikan oleh para campaigner adalah merchandise kaos dan album.

6. Perhatikan harga reward

Platform crowdfunding seperti Kolase.com merupakan tempat bagi para creator yang sedang membutuhkan dana untuk mewujudkan proyek atau karya mereka, serta membutuhkan dukungan dari banyak orang untuk merealisasikannya. Reward sendiri merupakan bagian penting dari pengumpulan dana tersebut. Untuk itu, tentukan harga reward dengan rinci dan teliti, mulai dari biaya produksi reward, dana yang dibutuhkan untuk mewujudkan project campaign, biaya administrasi bank dan sebagainya. Pertimbangkan juga apakah harga reward masuk akal dengan target Booster kamu.

 

7. Selalu update perkembangan campaign

Setelah campaign disetujui oleh tim Kolase.com, kamu wajib melakuan update perkembangan campaign di halaman campaign mu secara rutin atau lewat media sosial resmi. Mulai dari perkembangan campaign, proses campaign yang sedang berjalan, proses pendistribusian setelah campaign dinyatakan sukses dan sebagainya. Hal ini cukup penting untuk memberikan kepercayaan kepada para Booster, sehingga di kemudian hari Booster tidak ragu untuk kembali mendukung campaign.