FAQ (Pertanyaan Populer)

Kolase Basic

Apa itu kolase ?

Kolase adalah situs kolaborasi pertama di Indonesia yang mewadahi berbagai proyek kreatif. Ide apa pun yang berhubungan dengan seni, musik, hiburan, bahkan literatur bisa dimulai jadi nyata di Kolase. Kami membantu para pekerja seni yang mencari dukungan, baik moral maupun finansial, dengan menghubungkan mereka langsung dengan para calon penikmat karya.

Ada dua hal terpenting di Kolase, yaitu adanya karya yang tercipta dan kolaborasi yang terjadi untuk mewujudkan karya tersebut.

Apa Itu Campaign ?

Singkatnya, campaign adalah cara sosialisasi mengenai proyek yang akan diadakan oleh pencipta karya. Melalui campaign, sang artist bisa mendapatkan perhatian dan dukungan calon penikmat karyanya. Pencipta karya yang mengadakan campaign disebut dengan campaigner dan penikmat yang mendukung campaign disebut dengan booster.

Bagaimana cara kerja Campaign ?

Ada beberapa komponen dalam campaign selain campaigner dan booster, yaitu target pendanaan dan reward.

Target pendanaan adalah jumlah dana yang dibutuhkan bagi campaigner untuk dapat mewujudkan idenya dalam bentuk karya. Jika target pendanaan telah tercapai, maka campaigner bisa mulai mengerjakan proyeknya.

Reward adalah hadiah eksklusif yang diberikan kepada booster suatu campaign. Biasanya, reward yang diberikan berbentuk benda-benda yang berhubungan dengan karya yang akan diwujudkan.

Selain dua hal tersebut, hal-hal penting untuk dicantumkan dalam campaign adalah ide, tujuan, dan informasi relevan lainnya mengenai karya yang akan diwujudkan. Ini dilakukan sebagai cara untuk mendapatkan perhatian dan kepercayaan booster.

Apa itu Polling?

Polling adalah salah satu cara untuk campaigner dan artist mencari tahu seberapa hebat ide mereka. Dengan menghimpun suara, artist yang baru akan memulai campaign, atau campaigner yang mau membuat proyeknya lebih baik, bisa mendapatkan kepercayaan diri dan informasi yang dibutuhkan. Anggaplah polling sebagai jalan untuk mendapatkan data langsung dari calon audiens secara massal.

Bagaimana cara kerja Polling?

Baik campaigner maupun non-campaigner, semua bisa membuat polling untuk mendapatkan data atau menghimpun suara yang dibutuhkan. Cukup ajukan sebuah pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya, dan tunggulah jawaban-jawaban yang datang dari para pemilih.

Para pemilih adalah orang-orang yang berpartisipasi dalam polling-mu. Sehingga, tidak perlu defensif dalam menghadapi hasil polling-mu. Apapun jawabannya, semua itu akan membantu mengutuhkan idemu.

Tentang Booster & Campaigner

Baik booster maupun campaigner, semuanya memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Sebagai dua pihak yang terlibat dalam proyek kreatif yang sama, penting bagi keduanya untuk menghormati hak dan kewajiban tersebut.

Sebagai booster, kamu bisa mendukung campaign apa pun yang kamu suka. Dengan menjadi booster, kamu telah memberikan suport moral dan finansial terhadap campaigner favoritmu. Kamu bisa membantu campaigner dengan mempromosikan campaign tersebut ke lingkaran pergaulanmu.

Sebagai campaigner, kamu bisa membuat proyek apa pun sesuai aspirasimu selama tidak melanggar undang-undang di Indonesia. Dari dukungan yang kamu dapat dari booster, kamu bisa memulai proyekmu sekarang juga. Asalkan, jangan lupa untuk berbagi proses kreatifmu kepada mereka dan memberikan seratus persen komitmenmu terhadap terwujudnya ide brilian tersebut.

Sebagai pengikat, reward yang diberikan oleh campaigner dan diterima oleh booster akan menjadi simbol apresiasi dan komitmen antara kedua pihak dalam menjadikan nyata sebuah ide yang luar biasa.

Apakah ada biaya komisi yang di potong oleh Kolase?

Adapun komisi yang diberlakukan Kolase diatur di bagian F. Komisi.

Bagaimana cara pengembalian dana (refund) bagi booster yang sudah melakukan boost di campaign yang tidak sukses/gagal?

Adapun komisi yang di berlakukan Kolase diatur di bagian O. Pengembalian dana (refund).